Home | Nasional | Ini Cara Pelaku Skimming Curi Uang Nasabah

Ini Cara Pelaku Skimming Curi Uang Nasabah

Polisi membeberkan cara kelima pelaku skimming yang membuat uang milik puluhan nasabah bank raib. Caranya, dengan mengambil data nasabah dan mengkloningnya dengan kartu ATM baru.

Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu mengatakan, dalam penangkapan itu, polisi menyita barang bukti berupa alat yang mereka gunakan untuk melakukan skimming, seperti sejumlah alat untuk membuat deepskimmer, satu buah deepskimmer yang sudah jadi, satu buah encorder, tiga buah spy cam, dan ribuan kartu ATM.

“Kartu (ATM) itu telah diisi data oleh para pelaku dengan menggunakan data curian. Ada 1.447 buah kartu ATM,” ujarnya pada wartawan, Jumat (16/3).

Para pelaku itu, kata dia, diduga sudah melakukan aksinya sejak bulan Juli 2017 lalu. Para pelaku membuat alat skimmer dan seperangkat alat pendukung lainnya terlebih dahulu sebelum melancarkan aksinya.

Usai alat itu dibuat, para pelaku memasangnya di berbagai mesin ATM yang ada di Indonesia ini, seperti di kawasan Bali, Bandung, Yogyakarta, Tangerang, dan Jakarta.

“Alat skimmer itu digunakan untuk mengambil data nasabah, data itu lalu dipindahkan ke kartu ATM kosong,” katanya.

Setelah itu, lanjutnya, pelaku datang ke mesin ATM dengan kartu yang sudah diisi data nasabah, memasukan pin, dan menarik tunai uang milik nasabah yang telah dikloning.

Dia menambahkan, polisi masih mendalami berapa kerugian akibat ulah pelaku itu. Sejauh ini, para pelaku mengaku uang hasil kejahatannya itu digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya.

“Mereka sedang diperiksa secara intensif saat ini, kami juga tengah melakukan koordinasi dengan pihak Bank,” katanya.