Home | Bogor Raya | Kawasan Puncak Masih Jadi Pavorit Wisatawan, Macet Hingga 3 Km

Kawasan Puncak Masih Jadi Pavorit Wisatawan, Macet Hingga 3 Km

Pasca diterjang bencana longsor pada awal bulan Februari lalu. Kawasan Puncak kembali menjadi destinasi favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan.

Apalagi di hari Sabtu, (17/3) yang juga bertepatan dengan libur Hari Raya Nyepi warga mendapatkan libur dua hari. Mulai Jumat (16/3) malam volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Kawasan Puncak meningkat hingga menyebabkan antrean panjang di exit tol Ciawi.

“Mulai malam kemarin hingga pagi ini volume kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak sebanyak 34.148 unit. Akibatnya antrean kendaraan di exit tol ciawi mengular hingga 3 Km,” ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama.

Untuk mengurangi kepadatan Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah lebih cepat dari jadwal biasanya yakni dilaksanakan pada jam 07.00 WIB.

“Kami memberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu arah atau one way dari jam 07.00 hingga 11.00 WIB atau hingga arus kendaraan menuju Kawasan Puncak lancar kembali,” sambungnya.

Ia meminta agar pendara kendaraan roda empat maupun roda dua tertib dalam berlalu lintas, terutama sabar dalam berkendara di beberapa simpul kepadatan atau kemacetan.

“Terdapat beberapa simpul kepadatan atau kemacetan di Kawasan Puncak hingga Cianjur di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng. Kami himbau pengendara disiplin dalam berkendara agar bisa terhindar dari kecelakaan,” jelas AKP Hasby.

Ia melanjutkan Polres Bogor menugaskan 200 personil di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur dan jalur Bogor Ciawi Sukabumi yang terdiri dari satuan lalu lintas Polres Bogor, satuan Sabhara Polres Bogor dan gabungan Polsek Ciawi, Megamendung dan Cisarua.

“Personil ini selain mobile mengatur arus lalu lintas, juga menempatkan mereka di titik atau simpul kemacetan di Jalur Puncak-Sukabumi. Agar volume kendaraan di Kawasan Puncak tidak terlalu padat, bagi masyarakat yang menuju Cianjur atau seballiknya kami imbau agar melalui jalur Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Tanjungsari,” lanjutnya.