Home | Nasional | Komnas HAM Desak Pemerintah Protes Saudi Terkait Eksekusi Mati TKI

Komnas HAM Desak Pemerintah Protes Saudi Terkait Eksekusi Mati TKI

Eksekusi mati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Muhammad Zaini Misrin oleh Arab Saudi membuat geram Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Maka itu, Komnas HAM mendorong Pemerintah Indonesia untuk mengajukan protes kepada Pemerintah Arab Saudi atas eksekusi mati itu.

“Kami tentu saja mengecam keras pelaksanaan hukuman mati terhadap TKI di Arab Saudi,” ujar Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/3).

Karena, lanjut Beka, hak hidup adalah hak yang tidak bisa dikurangi dalam situasi apapun. Apalagi, kata dia, Pemerintah Arab Saudi tidak memberikan informasi eksekusi mati itu kepada Pemerintah Indonesia.

Sehingga, lanjut dia, Pemerintah Indonesia tidak bisa melakukan pembelaan bagi Zaini Misrin. “Kami mendorong Pemerintah Indonesia untuk juga mengecam keras atau protes terhadap pemerintah Kerajaan Arab Saudi, supaya mereka tidak mengulangi kejadian-kejadian seperti ini,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, Pemerintah Arab Saudi harus memberikan keadilan kepada TKI di sana. “Kami rekomendasikan Pemerintah Indonesia melayangkan protes keras terhadap pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” pungkasnya.