Home | Nasional | TNI Akan Usut Kecelakaan Tank Milik Kostrad

TNI Akan Usut Kecelakaan Tank Milik Kostrad

TNI menerjunkan tim untuk menyelidiki kasus kecelakaan tank jenis M113A1 milik TNI AD yang tenggelam di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah.

Kendaraan lapis baja itu sedang mengangkut puluhan pelajar Paud (pendidikan anak usia dini) Ananda yang tengah mengikuti kegiatan outbond.

“Tank sedang mengangkut sekira 20 anak Paud dan TK dari Sindurjan Kecamatan Purworejo. Tank itu terperosok di Sungai Bogowonto,” ujar Kadispenad Brigjen TNI Alfret Denny Tuejeh, Sabtu (10/3).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tank dari Batalyon Infanteri Mekanis 412 Divisi Infanteri 2/Kostrad itu terlibat kecelakaan pada pukul 10.00 WIB. Tank itu diawaki lima personel TNI dengan 17 penumpang, yang terdiri 16 pelajar dan satu guru.

Meski jumlah penumpang mencapai puluhan orang, namun Alfret menyatakan tank tersebut mampu menampung banyak orang terlebih didominasi anak-anak.

Meski demikian, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan hingga kemungkinan prosedur yang dilanggar.

“Untuk kapasitas angkut saya kira itu masih bisa. Kalau tank kan tidak melihat kapasitas angkut berapa orang, apalagi ini kan anak-anak kecil,” ungkapnya.

“Tindakan terdekat kita melakukan penyelidikan kemudian dari situ, kita pelajari rekomendasinya bagaimana? Untuk menjadi bahan masukan pimpinan untuk mengambil langkah,” pungkasnya.